Komunikasi adalah hal penting. Setuju? Termasuk dalam
berbisnis, kita membutuhkan komunikasi yang baik dengan investor, klien,
pemerintah, dan pihak lainnya untuk melakukan bisnis yang kita miliki.
Definisi komunikasi bisnis sendiri ialah proses berbagi
informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis. Komunikasi bisnis yang
efektif adalah cara karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan
bisnis.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan
mengurangi kesalahan.
Komunikasi bisnis termasuk ke dalam kategori ilmu terapan. Pentingnya komunikasi bisnis juga terletak pada penyajian opsi atau ide bisnis
Lalu apa alasan pentingnya komunikasi bisnis ini?
Meningkatkan Produktivitas Karyawan
4 dari 5 karyawan percaya bahwa komunikasi bisnis internal
yang efektif membantu kinerja pekerjaan mereka.
Dengan informasi yang berlebihan, karyawan sering
menghabiskan terlalu banyak informasi dengan mencari konten yang mereka
butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka.
Selain itu, rata-rata karyawan menghabiskan 2,5 jam setiap
hari untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
Setiap bulan, ini mengakibatkan banyak jam kerja yang hilang
begitu saja untuk menemukan sesuatu yang seharusnya ada di ujung jari karyawan.
Menghindari Kesalahpahaman
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa komunikasi
dengan baik ini dapat menghindari kesalahpahaman atau terjadinya perbedaan
persepsi.
Sehingga ketika pelaku bisnis mampu berkomunikasi dengan
baik hal seperti kesalahpahaman atau pun miskomunikasi menjadi hal yang tidak
perlu dipersoalkan dan dapat diselesaikan secara damai.
Selain itu, hal tersebut membuat lebih mudah bagi pelaku
bisnis untuk meminimalisir terjadinya persoalan atau permasalahan yang tidak
perlu dan akan membuat pelaku bisnis lebih fokus pada tugasnya masing-masing.
Membantu Membangun Tim Bisnis
Dalam membangun sebuah tim maka diperlukan seorang leader
atau pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap individu yang
ada pada tim tersebut.
Sehingga ketika pemimpin tersebut telah mampu berkomunikasi
dengan baik maka dapat membawa dampak positif pada tim yang dibangun agar lebih
unggul dan menghasilkan kinerja yang lebih bagus.
Baca Juga https://pamungkasade.blogspot.com/
Komentar
Posting Komentar